Perkuat Moderasi Beragama, Delegasi MUI Apresiasi Kegiatan Pembinaan Pengurus Ormas Islam

Perkuat Moderasi Beragama, Delegasi MUI Apresiasi Kegiatan Pembinaan Pengurus Ormas Islam

Pontianak – kalbar.mui.or.id,  Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Kalimantan Barat mengapresiasi kegiatan Pembinaan SDM Pengurus Ormas/Lembaga Islam oleh Bidang Penerangan Agama Islam dan Pemberdayaan Zakat Wakaf Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Senin, 11 September 2023, dihotel Maestro Pontianak. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kakanwil Kemenag Kalbar Dr. H. Muhajirin Yanis, M.Pd.I., Senin, 11/09.

Saat membuka kegiatan, Muhajirin Yanis mengawali penyampaiannya bahwa kegiatan ini bukan hanya sebagai momentum untuk siturrahmi dalam rangka pembinaan ormas Islam, tetapi yang utama ialah mengingatkan kembali akan tugas kita untuk mencerahkan umat, jangan sampai ada paham yang berkembang senang menyalah-nyalahkan orang lain, membid’ah-bid’ahkan orang lain.

“Kami senang dengan ada kegiatan ini dalam rangka sebagai upaya dalam meningkatkan pemahaman ajaran agama yang baik, sesuai kepribadian ormas masing-masingf dalam rangka mendukung program pembangunan oleh pemerintah, dalam hal ini melalui Kementerian Agama. Kemudian dari sisi keyakinan kita masing-masing kita harus bersungguh-sungguh menjalankan ajaran agama yang kita yakini. Namun dalam aspek sosial keagamaan dan kemasyarakatan, Kita harus saling menghargai, sesunngguhnya perbedaan itu adalah rahmat bagi kita semua. Hendaknya kita selalu berada dijalan tengah walaupun setajam apapun perbedaan atau faksi diantara kita. Mari kita selalu menjaga keharmonisan dalam setiap sendi kehidupan kita. Kami ingatkan juga agar ormas selalu menajaga persatuan dan kesatuan, apalagi dalam menghadapi tahun politik, jangan gunakan rumah ibadah untuk kegiatan politik praktis,” jelas Kakanwil penuh semangat.

Didi Darmadi, S.Pd.I, M.Lett, M.Pd yang merupakan utusan dari MUI Kalbar menyambut baik adanya kegiatan pembinaan bagi pengurus ormas/lembaga Islam oleh Kanwil Kemenag Kalbar. Apalagi pembinaan tersebut didalam rangka memperkuat moderasi beragama sebagai upaya menjaga kerukunan dan keutuhan NKRI.

“Kegiatan seperti ini perlu terus dilakukan, bahkan diperbanyak supaya kita saling terus mengingatkan dan memberikan pemahaman kepada umat kita, kepada masing-masing binaan ormas. Jika kegiatan seperti ini bisa terus digalakkan, maka ini akan menjadi modal penguat yang sangat strategis dalam menciptakan ketenteraman, kedamaian, dan kerukunan ditengah-tengah umat/masyarakat. Sehingga dengan upaya seperti ini maka pembangunan oleh pemerintah bisa terus dilakukan guna mencapai kesejahteraan dan kita tetap utuh dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia tercinta,” ujar Sekretaris MUI Kalbar ini. (A/Fauzi/Sri W)

Share this post