DP MUI Pusat Kunjungi MUI Kalbar, Gelar Konolidasi Organisasi dan MONEV

DP MUI Pusat Kunjungi MUI Kalbar, Gelar Konolidasi Organisasi dan MONEV

Pontianak – mui-kalbar.or.id, Dewan Pimpinan Pusat Majelis Ulama Indonesia gelar Konsolidasi Organisasi dan MONEV MUI Tahun 2022 di Sekretariat Dewan Pimpinan MUI Provinsi Kalimantan Barat, Rabu, 19/20 Sore.

Hadir dalam kegiatan tersebut dari DP MUI Pusat, Dr. Sudarnoto Abdul Hakim dan Darmawan Wijaya, Drs.H.M.Basri, HAR selaku Ketua Umum MUI Kalbar, Dr.Zulkili Abdillah , MA selaku Sekretaris Umum MUI Kalbar, Prof.Dr.H.Wajidi Sayadi, M.Ag Selaku Wakil Ketua Umum MUI Kalbar serta didampingi para pengurus harian dan pengurus komisi MUI Kalbar.

Dalam sambutannya, Ketua Umum MUI Kalbar mengucapkan terimakasih atas kehadiran Tim MUI pusat dalam agenda konsolidasi dan Monev MUI Tahun 2022 ini.

Dirinya berharap melalui hasil MONEV ini, MUI Kalbar dapat semakin meningkatkan di masa mendatang di tengah berbagai keterbatasan waktu dan dana yang ada.

“Desember lalu kita sudah menggelar rapat koordinasi daerah MUI se-Kalimantan. Insyaallah Tahun ini akan digelar di Kaltara tepatnya mulai Tanggal 21 Oktober 2022 mendatang.” Ujarnya.

Dalam pengantaranya, , Dr. Sudarnoto Abdul Hakim menyampaikan terimakasih atas kesediaan DP MUI Provinsi Kalimantan Barat menerima kehadiran Tim MONEV DP MUI Pusat.

IA menyatakan bahwa kegiatan ini meruakan bagian dari silaturrahim dan upaya strategis memperkuat eksistensi MUI sebagai wadah terbesar yang mewakili umat Islam di Indonesia.

Dalam konteks Kalbar dengan berbagai tantangan dan kekhasannya, ia berharap MUI mampu memberikan berbagai respon  terhadap berbagai isu dan aktif melakukan konsolidasi internal sesuai dengan visi misi MUI.

Ia mengingatkan bahwa MUI berperan sebagai pelayan umat (khadimul ummah), dan mitrapemerintah (shadiiqul hukumah) dalam rangka menjagaumat (himaayatul ummah) untuk penguatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Menurutnya, tantangan yang dihadapi umat saat ini semakin kompleks, salah satunya terkait dengan ancaman keimanan. Oleh karena itu, pelayanan terhadap umat merespon hal ini sangat penting dilakukan salah satunya oleh MUI

Sebagai mitra pemerintah, MUI selalu aktif menjadi mitra sejati dan  terbaik pemerintah termasuk memberikan berbagai masukan serta peringatan kepada pemerintah dengan cara-cara yang baik.

“Kita dapat berhubungan dengan kekuatan sosialpolitik apapun selama dimaksudkan untuk menjalankan peran MUI salah satunya sebagai Himayatul Ummah yakni menjaga umat”.

MUI lanjutnya diharapkan mampu  memberikan solusi dalam upaya menjaga umat demi terciptanya kesatuan khususnya di kalangan Umat Islam yang aa di Indonesia.

Kegiatan ini dilanjutkan dengan proses Monev tergadap tata Kelola organisasi di lingkungan MUI Kalbar yang dipandu langsung oleh Bapak Darmawan Wijaya, (D.Darmadi)

 

Share this post