MUI Apresiasi Capacity Building Pengurus FKUB Se-Kalimantan Barat

MUI Apresiasi Capacity Building Pengurus FKUB Se-Kalimantan Barat

Pontianak – mui-kalbar.or.id, Ahad, 20/3, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kalimantan Barat mengikuti kegiatan peningkatan capacity building pengurus FKUB Se-Kalimantan Barat, dengan tema penguatan peran aktor dan pegiat kerukunan dalam moderasi beragama, yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat bertempat di Star Hotel Pontianak.

Dr. H. Wajidi Sayadi, M.Ag selaku Wakil Ketua Umum MUI Kalbar yang juga Ketua FKPT Kalbar mengharapkan capacity building bagi para tokoh agama selalu dilakukan oleh pemerintah, kami akan sangat mendukung langkah yang telah dilalukan oleh pemerintah, dalam hal ini oleh Kementerian Agama.

“Capacity building penting bagi tokoh agama, seperti pengurus FKUB Se-Kalimantan Barat. Ya tentu salah satu tujuannya ialah agar para tokoh agama selalu diupgrade dan di update pengetahuan dan kemampuan mengantisipasi masalah yang ada dilapngan, misalnya tindakan yang mengarah pada radikalisme dan terorisme. Tokoh agama bersama masyarakat harus senantiasa bekerja tanpa lelah menciptakan ketenteraman dan kerukunan di masyarakat”, jelas Wajidi ketika menjadi narasumber kegiatan ini.

Dr. Ismail Ruslan, M.Si yang juga salah satu Ketua MUI Kalbar dan juga Ketua FKUB Provinsi Kalimantan Barat menyampaikan apresiasi kepada para tokoh agama karena berperan aktif dan selalu bersinergi menciptakan kerukunan di tengah-tengah masyarakat. Kami juga mengapresiasi kepada Kementerian Agama Kalimantan Barat yang terus membuat program-program inovatif untuk capacity building pengurus FKUB Se-Kalimantan Barat.

“Kita wajib bersyukur karena Kalimantan Barat masuk kategori baik dengan memperoleh peringkat 6 (enam) dalam peta riset Kementerian Agama RI 2021 termasuk provinsi yang memperoleh 77,61 persen dalam indeks keberagamaan dengan variabel tingkat toleransi, tingkat kebersamaan, dan tingkat kesetaraan”, jelas Ismail Ruslan yang juga menjadi narasumber kegiatan ini dengan bahagia.

“Kami juga mengapresiasi langkah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat diwal tahun 2022 sudah membuat kegiatan capacity building, tentu ini menjadi program yang baik agar pengurus FKUB Se-Kalimantan Barat semakin tercerahkan dan mampu berperan aktif dengan langkah-langkah strategis menyelesaikan problem yang ada di daerah masing-masing”, ujar Ketua MUI Kalbar ini.

Penulis: D. Darmadi JA

Share this post

Post Comment