HUMAN OF INTEREST IN JURNALISTIK

HUMAN OF INTEREST IN JURNALISTIK

Oleh : Dhofir

Dunia jurnalistik memberi pandangan bahwa ketepatan, kecepatan, keindahan, dan kepuasan adalah bagian dari dunia jurnalistik yang perlu diperhatikan.

Ketepatan, bagaimana bisa menyediakan berita, mengambil foto, dan memposting berita benar-benar sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.

Misal, jika ingin melakukan siaran tentang Gubernur Kalimantan Barat. Perlu bertemu dengan orangnya, tempatnya dimana, dan informasi apa yang akan diambil dari Gubernur tersebut.

Kecepatan, segala sesuatu yang berkaitan dengan jurnalistik dalam hal peliputan berita dan sebagiannya, perangkat dan perlengkapannya harus serba siap. Siap digunakan, siapa di klik, siap memotret, dan siap menempati posisi atau lokasi yang akan diliput.

Keindahan, ini merupakan yang pastinya hampir mayoritas orang menyukai keindahan. Seperti kebersihan lingkungan, keindahan alam, keindahan laut, keindahan gambar, keindahan suasana alam dan keindahan lainnya.

Perlunya keindahan di dunia jurnalistik agar human of interest bisa diperoleh.

Kemudian, kepuasan. Hal ini sebagai salah satu tolak ukur bagi para pembaca dan pengguna berita, pengguna media sosial, dan informasi lainnya, user merasa diuntungkan, menyukai, dan diberi manfaat dari berita dan informasi yang ada. Baik berupa berita di media masa, media sosial, televisi, dan media-media yang lain.

Dengan demikian, dunia jurnalistik adalah penyedia berita yang outputnya bisa berupa tulisan, gambar, dan visual-audiovisual yang bisa dibaca dan dilihat oleh semua orang.

Share this post

Post Comment